shopee banner

Fenugreek adalah salah satu tanaman herbal yang  banyak dibicarakan oleh para ibu menyusui. Pasalnya, tanaman yang berasal dari Yunani ini terbukti dapat meningkatkan produksi ASI. Selain manfaatnya pada ibu menyusui, ternyata fenugreek juga memiliki banyak khasiat lainnya untuk kesehatan. Apa saja manfaat fenugreek lainnya?

Apa itu fenugreek?

Fenugreek, atau yang dikenal juga dengan kelabat adalah tanaman berdaun hijau mirip semanggi yang memiliki tinggi sekitar 60-90 cm. Tanaman yang punya nama ilmiah Trigonella foenum-graecum ini punya bunga putih berukuran kecil dan biji berwarna coklat keemasan. 

Rasa biji fenugreek mirip dengan sirup maple, sedikit manis dan pedas. Bukan hanya rasanya yang enak, fenugreek juga punya banyak nutrisi, sehingga sering digunakan sebagai pelengkap dalam makanan hingga obat herbal. 

Fenugreek adalah tanaman yang berasal dari Mediterania, Eropa, dan Asia. Tanaman herbal ini sering digunakan sebagai bumbu masakan, obat diabetes, obat menstruasi, hingga bahan pengental produk rumah tangga seperti sampo dan sabun. 

Manfaat Fenugreek

Fenugreek atau kelabat, tanaman herbal yang berasal dari Yunani, tidak hanya terkenal sebagai booster ASI bagi ibu menyusui. Berbagai manfaat lain dari fenugreek untuk kesehatan juga patut diperhatikan:

  1. Sebagai Booster ASI: Fenugreek telah terbukti meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Studi menunjukkan bahwa konsumsi fenugreek secara teratur dapat meningkatkan volume ASI dan membantu pertumbuhan bayi.
  2. Mengontrol Kadar Gula Darah pada Diabetes: Fenugreek dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes. Konsumsi fenugreek dapat meningkatkan fungsi insulin dan menurunkan kadar gula darah secara signifikan.
  3. Menurunkan Kadar Kolesterol: Kandungan saponin dalam fenugreek dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.
  4. Meredakan Heartburn atau Nyeri Ulu Hati: Fenugreek memiliki efek meredakan yang dapat membantu mengurangi nyeri ulu hati atau heartburn.
  5. Meredakan Radang: Kandungan anti-inflamasi dalam fenugreek dapat membantu meredakan radang pada tubuh. Meskipun perlu penelitian lebih lanjut, fenugreek telah menunjukkan potensi dalam mengurangi peradangan.
  6. Mengurangi Jerawat: Fenugreek terbukti efektif dalam mengurangi jerawat. Ekstrak biji fenugreek memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membersihkan kulit dan mengurangi peradangan.
  7. Membantu Mengurangi Berat Badan: Konsumsi fenugreek dapat membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.
  8. Mencegah Penuaan Dini: Fenugreek dapat membantu mencegah penuaan dini dengan mengurangi produksi melanin dan eritema pada kulit.
  9. Meredakan Kram Menstruasi: Fenugreek dapat membantu meredakan nyeri atau kram menstruasi pada wanita. Studi kecil menunjukkan bahwa konsumsi fenugreek dapat mengurangi nyeri haid dan kram perut.
  10. Meringankan Gejala Hot Flashes pada Menopause: Ekstrak fenugreek dapat membantu meringankan gejala hot flashes pada wanita pascamenopause.
  11. Meningkatkan Gairah Seks dan Performa Seksual: Fenugreek dapat meningkatkan gairah seks dan performa seksual pada pria. Studi menunjukkan bahwa konsumsi fenugreek dapat meningkatkan kadar testosteron dan libido pada pria.

Meskipun fenugreek memiliki banyak manfaat, penting untuk mengonsumsinya dengan bijaksana dan sesuai dosis yang disarankan. Juga, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi fenugreek, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

Cara Aman Mengonsumsi Fenugreek

Fenugreek hadir dalam berbagai varian, seperti biji mentah, teh herbal, atau kapsul suplemen. Namun, untuk memastikan konsumsi yang aman, perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Teh Fenugreek: Untuk menikmati teh fenugreek, tambahkan 1-3 sendok teh biji fenugreek ke dalam secangkir air mendidih. Teh fenugreek dapat diminum sebanyak 1-3 kali sehari.
  2. Kapsul Suplemen: Untuk dosis suplemen, periksa kemasan kapsul fenugreek. Biasanya dosis ditentukan berdasarkan tujuan terapi. Misalnya, untuk meningkatkan libido pria, disarankan mengonsumsi sekitar 500 mg ekstrak fenugreek.
  3. Diabetes: Untuk mengontrol diabetes, konsumsi sebanyak 5-100 gram bubuk biji fenugreek setiap hari. Bubuk ini dapat ditambahkan dalam makanan sehari-hari. Pastikan untuk membaca instruksi pada kemasan dengan benar untuk dosis yang tepat.
  4. Perhatikan Dosis: Penting untuk mengonsumsi fenugreek sesuai dengan takaran yang disarankan. Jangan melebihi dosis yang dianjurkan, terutama jika Anda sedang mengonsumsi fenugreek dalam bentuk suplemen.
  5. Konsultasikan dengan Dokter: Meskipun fenugreek memiliki banyak manfaat, tetaplah menggunakan fenugreek sebagai suplemen tambahan dan bukan pengobatan utama. Khususnya pada kondisi medis tertentu, seperti pasien jantung atau ibu hamil dan menyusui, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Dengan memperhatikan cara konsumsi yang tepat dan konsultasi dengan dokter, Anda dapat memanfaatkan manfaat kesehatan dari fenugreek dengan aman dan efektif.