Membersihkan plak dan karang gigi menjadi suatu keharusan untuk memastikan kesehatan gigi yang optimal. Salah satu prosedur yang umum dilakukan adalah scaling gigi. Meskipun menjadi pilihan yang bijak untuk menjaga kebersihan mulut, namun biaya yang terkait dengan prosedur ini seringkali menjadi pertimbangan. Artikel ini akan membahas secara rinci apakah BPJS Kesehatan menanggung biaya scaling gigi.

Apa Itu Scaling Gigi?

Scaling gigi merupakan prosedur non-operasi yang bertujuan untuk membersihkan plak dan karang gigi. Dokter gigi akan menghilangkan plak di sepanjang garis gusi dan menghaluskan permukaan kasar pada akar gigi, membantu gusi menempel kembali ke gigi. Proses ini biasanya dilakukan dengan menggunakan instrumen genggam atau perangkat ultrasonik, yang masing-masing memberikan hasil yang signifikan. Sebelum prosedur dimulai, dokter gigi akan mengaplikasikan anestesi lokal atau topikal untuk mematikan rasa di area mulut pasien.

Proses Scaling Gigi

Prosedur scaling gigi umumnya dapat diselesaikan dalam satu kunjungan ke dokter gigi, dengan durasi sekitar satu hingga dua jam, tergantung pada tingkat plak yang ada. Setelah penerapan anestesi, dokter gigi akan mengikis plak atau karang gigi yang melekat, lalu meratakan atau menghaluskan permukaan akar gigi yang kasar.

Tanggung Jawab BPJS Kesehatan

Salah satu pertanyaan umum yang muncul adalah apakah BPJS Kesehatan menanggung biaya scaling gigi. Menurut akun resmi BPJS Kesehatan di Twitter (@BPJSKesehatanRI), biaya scaling gigi dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun, layanan ini hanya dapat dilakukan sekali dalam setahun. Peserta BPJS Kesehatan dapat memperoleh pelayanan scaling gigi di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama atau Fasilitas Rujukan Tingkat Lanjutan berdasarkan indikasi medis atau arahan dokter.

Fasilitas yang Menyediakan Layanan Scaling Gigi

  1. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama:
    • Peserta perlu mengunjungi Puskesmas, Klinik, atau dokter gigi praktik mandiri yang terdaftar di kartu BPJS Kesehatan.
    • Tunjukkan kartu BPJS Kesehatan pada petugas administrasi untuk pengecekan.
    • Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan memberikan tindakan sesuai kebutuhan medis.
    • Peserta dapat memperoleh obat jika diperlukan, dan jika perlu rujukan ke dokter spesialis/subspesialis gigi.
  2. Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan:
    • Peserta perlu membawa kartu BPJS Kesehatan dan surat rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.
    • Daftar di rumah sakit dengan melampirkan dokumen yang diperlukan.
    • Setelah mendapatkan Surat Eligibilitas Peserta (SEP), peserta dapat memperoleh pemeriksaan, perawatan, atau obat-obatan sesuai indikasi medis.

Selama proses pelayanan BPJS Kesehatan, peserta tidak akan dikenakan biaya tambahan.

Prosedur Scaling Gigi dengan BPJS Kesehatan

Prosedur scaling gigi dengan BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama:
    • Peserta datang ke Puskesmas/Klinik atau dokter gigi praktik mandiri sesuai yang terdaftar di kartu BPJS Kesehatan.
    • Tunjukkan kartu BPJS Kesehatan pada petugas layanan administrasi untuk pengecekan.
    • Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan memberikan tindakan pada peserta.
    • Peserta akan memperoleh obat jika diperlukan atau rujukan kasus gigi jika perlu konsultasi dengan dokter spesialis/subspesialis gigi.
  2. Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan:
    • Peserta membawa kartu peserta BPJS Kesehatan dan surat rujukan dari Faskes pertama.
    • Melakukan pendaftaran di rumah sakit dengan melampirkan persyaratan tersebut.
    • Petugas administrasi di rumah sakit akan melakukan pengecekan terhadap kartu peserta dan surat rujukan.
    • Setelah mendapatkan Surat Eligibilitas Peserta (SEP), peserta bisa mendapatkan pemeriksaan, perawatan, pemberian tindakan, atau obat-obatan oleh dokter gigi.

Biaya Scaling Gigi

Biaya scaling gigi dapat bervariasi tergantung pada jenis fasilitas kesehatan yang dipilih, seperti Puskesmas, klinik, atau rumah sakit. Secara umum, harga scaling gigi berkisar antara Rp150.000 hingga Rp500.000. Harga tersebut mungkin mencakup konsultasi dan pemeriksaan oleh dokter gigi.

Alternatif Pembayaran

Jika Anda tidak ingin mengandalkan BPJS Kesehatan, Anda dapat mempertimbangkan opsi lain untuk membayar scaling gigi. Beberapa di antaranya termasuk menggunakan asuransi kesehatan pribadi atau asuransi dari tempat kerja. Pastikan bahwa fasilitas kesehatan yang dipilih merupakan rekanan dengan asuransi yang Anda miliki. Pertanyaan lebih lanjut dapat diajukan langsung kepada pihak asuransi.

Kesimpulan

Scaling gigi adalah langkah penting dalam merawat kesehatan gigi, dan BPJS Kesehatan memberikan dukungan finansial untuk prosedur ini. Dengan memahami prosedur dan langkah-langkah klaim yang diperlukan, peserta BPJS Kesehatan dapat dengan mudah memanfaatkan manfaat scaling gigi tanpa beban tambahan biaya. Bagi yang tidak memiliki