shopee banner


Cara Cek dan Bayar Tagihan BPJS Kesehatan dengan Mudah

Jika Anda telah menjadi anggota BPJS Kesehatan, membayar iuran bulanan adalah kewajiban yang perlu dijaga. Pemenuhan kewajiban ini memastikan kelancaran akses Anda terhadap layanan kesehatan yang diberikan oleh BPJS. Dalam artikel ini, akan diulas beberapa cara cek dan bayar tagihan BPJS Kesehatan dengan metode yang mudah dan dapat diakses oleh semua.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

1. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Langkah pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN. Berikut panduan langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke Akun Mobile JKN:
    • Jika belum memiliki akun, lakukan registrasi terlebih dahulu.
    • Setelah berhasil login, pilih menu “Premi”.
  2. Rincian Tagihan:
    • Informasi rincian tagihan akan muncul di layar ponsel Anda.

Pastikan untuk memiliki cukup kuota atau sinyal internet yang stabil saat menggunakan aplikasi ini.

2. Melalui WhatsApp BPJS

BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan melalui Whatsapp. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Chat dengan BOT Chika:
    • Kirim pesan “cek tagihan” ke nomor Whatsapp BOT Chika: 08118750400.
    • Pilih opsi “2” atau “Cek Tagihan Iuran”.
    • Balas dengan nomor peserta atau NIK dan tanggal lahir.

Akun Whatsapp Chika akan memberikan informasi tagihan iuran BPJS Kesehatan Anda.

3. Melalui SMS Gateway

Untuk yang tidak menggunakan internet, cek tagihan BPJS juga bisa dilakukan melalui SMS Gateway. Kirimkan pesan dengan format:

Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Kirim ke nomor 087775500400.

4. Call Center BPJS Kesehatan

Anda dapat menghubungi call center BPJS Kesehatan di nomor 1500 400. Pastikan Anda memiliki data diri seperti NIK KTP, nama lengkap, tanggal lahir, atau nomor kartu BPJS saat melakukan cek tagihan.

5. Melalui Mitra Perbankan

Melalui bank-bank mitra BPJS Kesehatan seperti BRI, BNI, dan Bank Mandiri, Anda dapat menggunakan layanan m-banking atau ATM untuk cek dan bayar tagihan. Pilih menu “BPJS Kesehatan” dan masukkan nomor virtual account tagihan BPJS Kesehatan.

6. Melalui E-commerce atau Dompet Digital

Layanan e-commerce atau dompet digital seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Gopay, OVO, atau Dana juga menyediakan opsi untuk cek dan bayar tagihan BPJS. Masuk ke aplikasi, pilih menu “BPJS”, dan masukkan nomor kartu BPJS atau nomor virtual account tagihan.

7. Melalui Channel Lain

Kunjungi kantor BPJS, layanan jemput bola BPJS Kesehatan Mobile Customer Service (MCS), atau Mall Pelayanan Publik (MPP) di wilayah tertentu. Informasi juga bisa diperoleh melalui akun Twitter resmi BPJS Kesehatan (@BPJSKesehatanRI).

Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Setelah mengecek tagihan, pembayaran iuran BPJS Kesehatan harus dilakukan tepat waktu. Tenggat waktu pembayaran adalah tanggal 10 setiap bulannya. Berikut besaran iuran per bulan sesuai kelas:

  • Kelas I: Rp150.000
  • Kelas II: Rp100.000
  • Kelas III: Rp35.000.

Pembayaran dapat dilakukan di kantor cabang BPJS, melalui aplikasi Mobile JKN, atau melalui bank mitra BPJS Kesehatan (ATM, internet banking, dan mobile banking). Alternatif lain termasuk minimarket (Indomaret dan Alfamart), kantor pos, e-commerce, atau dompet digital.

Kesimpulan

Mengelola tagihan dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai cara yang mudah dan fleksibel. Penting untuk secara rutin mengecek tagihan dan membayarnya tepat waktu guna memastikan kelancaran kepesertaan dan akses terhadap layanan kesehatan yang diberikan oleh BPJS.