Ruam popok bukan hanya masalah yang dialami oleh bayi dan balita, tetapi juga bisa menyerang lansia atau orang dewasa. Penyebabnya bisa bervariasi, mulai dari frekuensi penggantian popok yang tidak teratur hingga reaksi alergi atau infeksi jamur. Artikel ini akan membahas gejala, penyebab, dan cara mengatasi ruam popok pada orang dewasa atau lansia.

Gejala Ruam Popok pada Orang Dewasa

Gejala ruam popok pada orang dewasa atau lansia tidak jauh berbeda dengan gejala yang dialami oleh bayi dan balita. Beberapa gejala yang umum terjadi meliputi:

  • Kulit yang berwarna merah muda, kering, dan gatal ringan.
  • Kulit merah, iritasi, terluka, bengkak, atau seperti bekas luka bakar pada kasus yang serius.
  • Kerusakan jaringan kulit.
  • Rasa panas seperti terbakar.
  • Gatal-gatal. Ruam popok pada orang dewasa dapat muncul di daerah bokong, paha, bagian kelamin, hingga bagian pinggul. Pada kasus infeksi jamur, gejala tambahan dapat berupa kulit merah padam yang membengkak dan benjolan kecil berwarna merah.

Penyebab Ruam Popok pada Orang Dewasa

Ruam popok pada orang dewasa atau lansia bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Pemahaman mengenai penyebabnya dapat membantu dalam pencegahan dan penanganan yang tepat. Berikut adalah beberapa penyebab umum ruam popok pada orang dewasa:

1. Pembersihan Tidak Maksimal

Kurangnya kebersihan area genital atau ketidakteraturan dalam mengganti popok dapat menjadi penyebab utama ruam popok pada orang dewasa. Area yang tidak dibersihkan secara menyeluruh atau popok yang tidak diganti dengan cukup sering dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

2. Iritasi Kulit

Kontak kulit dengan urine atau feses yang terjebak di dalam popok dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Zat-zat seperti amonia dalam urine dan enzim dalam feses dapat merusak jaringan kulit, terutama jika terjadi gesekan atau kelembapan yang berlangsung lama.

3. Reaksi Alergi

Beberapa orang dewasa mungkin mengalami reaksi alergi terhadap bahan kimia, pewarna, atau parfum yang terdapat dalam popok. Alergi ini dapat menyebabkan iritasi dan ruam pada kulit yang sensitif.

4. Infeksi Jamur

Kelembapan dan kehangatan di dalam popok menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan jamur. Infeksi jamur pada kulit, seperti infeksi candida, dapat menyebabkan ruam popok yang gatal dan merah.

5. Gangguan Inkontinensia Urine

Orang dewasa yang mengalami gangguan inkontinensia urine, di mana mereka kehilangan kontrol terhadap proses berkemih, mungkin perlu menggunakan popok. Penggunaan popok ini dapat meningkatkan risiko ruam popok jika tidak diubah secara teratur atau jika area genital tidak dibersihkan dengan baik.

Kesimpulan

Cara Mengatasi Ruam Popok pada Orang Dewasa

Untuk mengatasi ruam popok pada orang dewasa, langkah-langkah berikut dapat dilakukan:

  1. Oleskan Salep: Gunakan salep ruam popok dewasa secara teratur pada area yang terkena ruam.
  2. Jaga Kebersihan dan Keringat: Pastikan area yang terkena ruam tetap kering dan bersih dengan mengganti popok secara teratur.
  3. Biarkan Kulit Bernapas: Biarkan area yang terkena ruam terbuka selama beberapa waktu untuk meningkatkan aliran udara.
  4. Minum Obat: Jika diperlukan, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan obat oral atau krim antijamur yang sesuai.

Kapan Harus ke Dokter?

Segera hubungi dokter jika ruam popok pada orang dewasa atau lansia tidak membaik setelah perawatan di rumah dengan salep ruam popok dewasa. Karena lansia lebih rentan terhadap infeksi dan sistem imun tubuhnya cenderung lebih lemah, seluruh gejala ruam popok harus segera diberitahukan kepada dokter.

Beberapa gejala ruam popok yang memerlukan pertolongan dokter meliputi:

  • Gatal yang memburuk dan tidak membaik dalam kurun waktu 3 hari, walaupun telah mencoba perawatan di rumah.
  • Area yang terinfeksi mengeluarkan lendir, darah, atau nanah.
  • Ruam popok yang disertai dengan demam.
  • Muncul rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air.

Umumnya, ruam popok pada lansia tidak menyebabkan komplikasi serius dan dapat sembuh dengan perawatan yang telaten di rumah. Namun, jika ruam popok tersebut disertai dengan masalah kulit lainnya seperti psoriasis, eczema, atau seborrhea, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kesimpulan

Ruam popok pada orang dewasa atau lansia bisa sangat mengganggu dan tidak nyaman. Namun, dengan perawatan yang tepat dan konsisten, ruam popok ini dapat diatasi. Penting untuk menjaga kebersihan, menghindari faktor pemicu, dan berkonsultasi dengan dokter jika diperlukan. Dengan demikian, kualitas hidup orang dewasa atau lansia yang mengalami ruam popok dapat terjaga dengan baik.