Inner beauty merupakan konsep yang melampaui sekadar penampilan fisik, karena kecantikan fisik akan memudar seiring berjalannya waktu. Inner beauty, atau kecantikan dari dalam, merupakan aspek yang lebih abadi dan memiliki koneksi erat dengan moral, kecerdasan, serta sikap positif seseorang. Berdasarkan jurnal penelitian berjudul “Inner Beauty — The Friendship-Hypothesis” karya DR Lisa Schmalzried, para filsuf seperti Plato, Reid, Gaut, dan Immanuel Kant memiliki pandangan yang beragam mengenai konsep inner beauty.

Plato, misalnya, mengemukakan bahwa kecantikan dalam menentukan kebaikan moral seseorang. Namun, pandangan lain dari filsuf seperti Reid dan Gaut menekankan bahwa inner beauty tidak hanya berkaitan dengan kebaikan moral, tetapi juga dengan kecerdasan, selera humor, dan optimisme. Selanjutnya, Immanuel Kant menekankan bahwa motivasi yang tulus dalam berbuat baik merupakan hal yang penting dalam menilai inner beauty seseorang.

Pendekatan Modern terhadap Inner Beauty

Dalam konteks modern, konsep “beauty is in the eye of the beholder” menyoroti subjektivitas kecantikan, termasuk kecantikan dari dalam. Hal ini menunjukkan bahwa pandangan tentang inner beauty dapat bervariasi antar individu karena adanya faktor-faktor yang kompleks dalam mengukurnya.

Bagaimana Memancarkan Inner Beauty Anda

Untuk memancarkan inner beauty, Anda dapat mengikuti beberapa langkah praktis berikut:

1. Kenali Diri Sendiri

Untuk memancarkan inner beauty, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali diri sendiri dengan lebih baik. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Fokus pada Kualitas dan Nilai Positif: Mulailah dengan memusatkan perhatian pada kualitas dan nilai-nilai positif yang dimiliki. Ini termasuk sifat-sifat seperti kebaikan, kejujuran, kesabaran, dan empati. Dengan mengakui dan menghargai kualitas ini, Anda dapat menemukan makna yang lebih dalam dalam kehidupan Anda.
  • Cari Inspirasi dari Orang-orang Teladan: Jika Anda merasa kesulitan mengidentifikasi kualitas positif dalam diri Anda, jangan ragu untuk mencari inspirasi dari orang-orang yang Anda kagumi. Perhatikan sifat-sifat yang membuat mereka menjadi teladan bagi Anda dan renungkan bagaimana Anda dapat mempraktikkan sifat-sifat tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
  • Praktikkan Sifat-sifat Teladan: Setelah mengidentifikasi sifat-sifat yang ingin Anda kembangkan, praktikkanlah secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, jika Anda mengagumi kejujuran seseorang, berkomitmenlah untuk selalu berbicara dengan jujur dalam setiap situasi. Dengan menginternalisasi dan mengaktualisasikan sifat-sifat positif ini, Anda akan semakin mampu memancarkan inner beauty kepada orang di sekitar Anda.

2. Berpikir Positif tentang Kepribadian Anda

Langkah selanjutnya dalam memancarkan inner beauty adalah dengan mengalihkan fokus dari penampilan fisik kepada aspek-aspek positif dari kepribadian Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

  • Alihkan Fokus dari Penampilan Fisik: Sadari bahwa kecantikan sejati tidak hanya terletak pada penampilan fisik, tetapi juga pada kepribadian dan karakter Anda. Alihkan perhatian Anda dari aspek-aspek yang berkaitan dengan penampilan luar dan mulailah menghargai kelebihan-kelebihan dalam diri Anda yang tidak terlihat secara fisik.
  • Tuliskan Hal-hal Positif tentang Diri Anda: Luangkan waktu untuk menuliskan beberapa hal yang Anda sukai tentang diri Anda yang tidak berkaitan dengan penampilan fisik. Ini bisa berupa sifat-sifat seperti kebaikan hati, kecerdasan, ketekunan, atau kemampuan berempati. Menyadari dan menghargai sisi-sisi positif ini akan membantu Anda memperkuat inner beauty Anda.
  • Berlatih Melihat Diri dengan Mata yang Penuh Kasih: Berlatihlah untuk melihat diri Anda dengan mata yang lebih penuh kasih dan pengertian. Alih-alih membandingkan diri Anda dengan standar kecantikan yang tidak realistis, cobalah untuk menghargai dan mencintai diri Anda apa adanya. Ini akan membantu memperkuat rasa percaya diri dan memancarkan inner beauty yang lebih autentik.

3. Jadilah Diri Sendiri

Langkah terakhir untuk memancarkan inner beauty adalah dengan menjadi diri sendiri tanpa berpura-pura atau menyembunyikan aspek-aspek dari diri Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mewujudkannya:

  • Terimalah Diri Anda Apa Adanya: Mulailah dengan menerima diri Anda sepenuhnya, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Ini termasuk menerima bagian-bagian dari diri Anda yang mungkin dianggap tidak sempurna atau tidak ideal oleh standar masyarakat.
  • Berusaha Menjadi Versi Terbaik dari Diri Anda: Meskipun Anda menerima diri Anda apa adanya, itu tidak berarti Anda tidak boleh berusaha untuk tumbuh dan berkembang. Tetaplah berusaha menjadi versi terbaik dari diri Anda setiap hari, dengan menghadapi tantangan dan pengalaman baru dengan keberanian dan keterbukaan.
  • Fokus pada Pertumbuhan Pribadi: Jadilah proaktif dalam mencari peluang untuk pertumbuhan pribadi. Ini bisa meliputi mengambil kursus baru, mengeksplorasi hobi atau minat baru, atau bahkan mencoba hal-hal yang menakutkan atau di luar zona nyaman Anda.
  • Jadilah Autentik: Ingatlah bahwa menjadi diri sendiri adalah kunci utama dalam memancarkan inner beauty. Jangan merasa perlu untuk berpura-pura menjadi seseorang yang Anda tidak. Jadilah diri Anda yang sejati, dan biarkan kecantikan dari dalam Anda bersinar dengan sendirinya.

Kesimpulan

Inner beauty adalah tentang menjadi manusia seutuhnya dengan menjalani hidup dalam harmoni dan keseimbangan. Memahami dan menerima diri sendiri, serta berusaha untuk tumbuh dan berkembang secara pribadi, merupakan langkah penting dalam memancarkan inner beauty. Dengan menjaga kesehatan fisik dan mental, serta menjalani hidup sesuai dengan nilai dan tujuan pribadi, Anda akan mampu memancarkan kecantikan yang sejati dari dalam.