Pakcoy atau dikenal juga sebagai bok choy merupakan jenis sayuran yang juga dikenal sebagai sawi sendok, yang telah menjadi bagian dari pola makan masyarakat Indonesia. Ini adalah sayuran hijau yang termasuk dalam keluarga cruciferous, sejenis dengan kubis, brokoli, dan kembang kol. Nama ilmiahnya adalah Brassica rapa chinensis.

Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

  1. Mencegah Kanker: Pakcoy memiliki sifat pencegah kanker yang signifikan. Kandungan folatnya dapat menghambat pembentukan sel kanker akibat mutasi DNA. Tidak hanya itu, vitamin C, vitamin E, dan beta karoten dalam pakcoy berperan sebagai antioksidan, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kehadiran selenium dalam sayuran ini juga berkontribusi dalam membersihkan tubuh dari faktor-faktor pemicu kanker serta mengurangi risiko peradangan dan pembentukan tumor.
  2. Menjaga Kesehatan Tulang: Pakcoy kaya akan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, zinc, dan vitamin K-nya memberikan dukungan optimal bagi tulang. Fosfor dan kalsium berperan dalam memperkuat struktur tulang, sementara vitamin K menjaga keseimbangan kalsium dalam tulang, sehingga menjaga kepadatan tulang yang optimal.
  3. Menjaga Tekanan Darah: Pakcoy memiliki peran penting dalam menjaga tekanan darah. Kandungan kalium, kalsium, dan magnesium dalam pakcoy dapat secara alami menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa asupan kalium hingga 4.700 miligram per hari dapat efektif menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh konsumsi natrium yang tinggi.
  4. Menjaga Kesehatan Jantung: Dengan kadar kalori dan kolesterol yang rendah, pakcoy menjadi pilihan yang cerdas untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan folat, kalium, vitamin C, dan vitamin B-6 dalam pakcoy membantu mencegah peningkatan homosistein, suatu senyawa yang dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Dengan mengintegrasikan pakcoy ke dalam pola makan sehari-hari, Anda dapat mendukung kesehatan jantung Anda secara efektif.
  5. Mencegah Peradangan: Kandungan kolin yang terdapat dalam pakcoy memiliki peran penting dalam mencegah peradangan dalam tubuh. Selain itu, kolin juga mendukung tidur yang nyenyak, menjaga pergerakan otot, serta meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat. Dengan mengonsumsi pakcoy secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda dengan mengurangi risiko peradangan.
  6. Meningkatkan Kemampuan Sistem Imun Tubuh: Kandungan selenium yang tinggi dalam pakcoy memiliki manfaat yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Dengan menjaga asupan pakcoy dalam diet sehari-hari, Anda dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan mengurangi risiko terkena penyakit infeksi.
  7. Menjaga Kesehatan Kulit: Kandungan vitamin C dalam pakcoy membantu produksi kolagen yang penting untuk kesehatan kulit. Vitamin C juga memiliki sifat antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, polusi, dan asap.
  8. Mencegah Penyakit Diabetes Tipe 2: Penelitian menunjukkan bahwa sayuran cruciferous seperti pakcoy dapat membantu mencegah penyakit diabetes tipe 2, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memvalidasi manfaat ini.

Kandungan Nutrisi Pakcoy

Pakcoy kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin dan mineral. Berikut adalah kandungan nutrisi pakcoy dalam satu cangkir (70 gram) dan sekitar 170 gram:

Nutrisi70 gram170 gram
Karbohidrat1,5 gram
Lemak0,1 gram
Protein1,1 gram
Serat0,7 gram
Kalori9,1 kkal
Vitamin C44,2 gram
Vitamin E0,2 miligram
Vitamin K57,8 mikrogram
Vitamin B60,3 miligram
Folat69,7 mikrogram
Kolin20,6 miligram
Kalsium158 miligram
Zat Besi1,8 miligram
Magnesium18,7 miligram
Fosfor49,3 miligram
Kalium631 miligram
Natrium57,8 miligram
Zinc0,3 miligram
Selenium0,7 mikrogram

Pakcoy adalah tambahan yang berharga untuk pola makan sehat Anda, memberikan berbagai manfaat kesehatan yang penting dan kaya akan nutrisi yang mendukung fungsi tubuh yang optimal. Dengan memasukkan pakcoy ke dalam diet Anda secara teratur, Anda dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis.