Mengecek nomor BPJS Kesehatan dapat menjadi suatu keperluan yang mendesak, terutama jika Anda lupa atau kehilangan informasi tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa metode mudah untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan, baik secara online maupun offline.

1. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Mengecek nomor BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Mobile JKN. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Unduh Aplikasi Mobile JKN

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi Mobile JKN dari Google Play Store atau Apple App Store.

b. Login Menggunakan NIK dan Password

Setelah aplikasi terpasang, login menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan password Anda.

c. Masukkan Kode Verifikasi dan Klik Login

Isi kode verifikasi yang diberikan oleh aplikasi dan klik login untuk masuk ke akun Anda.

d. Temukan Nomor BPJS Kesehatan

Setelah login, pilih opsi “PROFIL,” “PESERTA,” atau “UBAH DATA PESERTA” untuk menemukan informasi nomor BPJS Kesehatan Anda. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang memadai selama proses ini.

2. Menghubungi Care Center 24 Jam

Alternatif lain yang dapat Anda tempuh adalah menghubungi Care Center 24 jam di nomor 1500400. Customer service akan membantu Anda melakukan verifikasi dengan menanyakan beberapa informasi, termasuk NIK KTP.

3. SMS Gateway BPJS

Gunakan layanan SMS Gateway BPJS dengan mengirim SMS ke nomor 087775500400. Gunakan format: NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN.

Jika Anda mengalami kebingungan, cukup kirimkan SMS dengan menulis HELP untuk mendapatkan bantuan.

4. Menghubungi Media Sosial BPJS Kesehatan

Anda juga dapat mencoba menghubungi BPJS Kesehatan melalui berbagai platform media sosial, seperti Twitter (@BPJSKesehatanRI), Instagram (@bpjskesehatan_ri), atau Facebook (BPJSKesehatanRI). Admin media sosial biasanya akan meminta data verifikasi melalui pesan langsung (DM). Berikut langkah-langkahnya:

a. Twitter: @BPJSKesehatanRI

b. Instagram: @bpjskesehatan_ri

c. Facebook: BPJSKesehatanRI

Kirimkan pesan langsung kepada admin media sosial BPJS Kesehatan dengan mencantumkan data verifikasi, seperti nomor NIK, nama lengkap, tanggal lahir, dan keterangan bahwa Anda lupa nomor BPJS. Ini merupakan cara mudah dan praktis untuk mendapatkan nomor BPJS Kesehatan.

5. Layanan PANDAWA

PANDAWA adalah layanan terbaru dari BPJS Kesehatan yang dapat diakses melalui WhatsApp. Berikut langkah-langkahnya:

a. Dapatkan Nomor PANDAWA

Hubungi WhatsApp CHIKA (bot BPJS Kesehatan) di nomor: 08118750400 untuk mendapatkan nomor PANDAWA sesuai kantor cabang kota atau kabupaten tempat tinggal Anda.

b. Hubungi Nomor WhatsApp PANDAWA

Setelah mendapatkan nomor PANDAWA, hubungi mereka untuk mendapatkan nomor BPJS Kesehatan Anda. Layanan PANDAWA juga membantu Anda mengurus administrasi tanpa harus mengunjungi kantor BPJS Kesehatan.

6. Mengecek Resi Pembayaran Iuran

Cara lain untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan adalah dengan mengecek resi pembayaran iuran BPJS Kesehatan bulan sebelumnya. Resi tersebut umumnya mencantumkan nomor BPJS Kesehatan Anda. Jika pembayaran dilakukan secara online, cek riwayat transaksi pembayaran Anda.

7. Mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan

Jika semua upaya di atas tidak membuahkan hasil, sebaiknya kunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga pada jam operasional yang tepat. Ini menjadi opsi terakhir apabila metode-metode sebelumnya tidak berhasil.

Dengan memilih salah satu dari metode di atas, Anda dapat dengan mudah mengecek nomor BPJS Kesehatan Anda. Pastikan untuk memberikan data verifikasi yang diperlukan agar petugas dapat membantu Anda dengan cepat dan tepat.

Pentingnya Nomor BPJS Kesehatan

Nomor BPJS Kesehatan diperlukan untuk berbagai prosedur terkait kepesertaan, seperti mengecek tagihan iuran, membayar iuran bulanan, memeriksa status kepesertaan, dan melengkapi administrasi saat berobat.

Penting untuk menjaga keberlanjutan informasi dan segera melapor jika terjadi perubahan data. Jika kartu BPJS Kesehatan hilang, Anda dapat mencetak kartu peserta digital melalui aplikasi Mobile JKN atau mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa dokumen pendukung.

Dengan berbagai opsi yang tersedia, mengecek nomor BPJS Kesehatan menjadi lebih mudah dan efisien bagi setiap peserta. Pastikan untuk memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.